26 November, 2022

HeloBorneo.com

Kabar dari Tanah Borneo

Resmi! Tower Baru Airnav Banjarmasin Beroperasi Penuh

Peningkatan kualitas

Sejumlah peningkatan kualitas bangunan juga terlihat pada Tower baru ini. Selain bentuk fisik bangunan yang lebih modern dan futuristis, baik dari segi eksterior maupun interior, khususnya di bagian kabin (ruang operasional petugas ATC), bangunan ini juga dilengkapi dengan lift dan jalur evakuasi yang sesuai dengan standar keamanan.

Lokasinya yang berada di area terminal baru Bandara Banjarmasin, Kalsel ini juga menjamin keamanan bangunan dari potensi ancaman oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


tower baru airnav banjarmasin
HeloBorneo.com — Airnav Indonesia cabang Banjarmasin. (ist)

 

“Tidak seperti Tower lama yang lokasinya terpencil dan cenderung sepi karena berada di dekat terminal lama yang sudah tidak dipakai, Tower baru kami ada di area terminal baru, sehingga tingkat keamanannya lebih tinggi. Tower baru kami juga sudah dilengkapi dengan lift dan jalur evakuasi yang layak yang tidak dimiliki sebelumnya. Hal ini membuat Karyawan kami lebih aman dan nyaman dalam melaksanakan tugasnya” papar Polana.

Lebih lanjut dijelaskan, Tower ini dilengkapi dengan fasilitas peralatan navigasi penerbangan yang modern.

Tower baru AirNav Banjarmasin dilengkapi dengan tower set, radio Very High Frequency (VHF), telephone direct speech (DS), Automatic Terminal Information Service (ATIS), dan Automated Weather Observing System (AWOS) yang dikerjasamakan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Seluruh fasilitas dipersiapkan untuk dapat memberikan pelayanan navigasi penerbangan yang prima untuk 90 pergerakan pesawat perhari yang take-off dan landing di Bandara Banjarmasin (rata-rata pergerakan harian sebelum pandemi COVID-19).

“Peralatan komunikasi dan navigasi juga lebih modern untuk membantu petugas ATC dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk menjaga keselamatan penerbangan,” jelas Polana.

Pembangunan tower baru airnav Banjarmasin terbagi 2 tahap

Sebelumnya, pembangunan Tower baru yang dibagi dalam 2 (dua) tahap, yakni tahapan pembangunan fisik dan pemenuhan fasilitas ini sempat mengalami keterlambatan sebagai akibat dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Pembangunan memang sempat terhenti di tahun 2021 karena kami harus mempertimbangkan banyak hal di tengah krisis pandemi yang juga sangat mempengaruhi kondisi arus keuangan Perusahaan. Namun Alhamdulillaah pembangunan dapat dilanjutkan dan hari ini, Tower baru kami resmi beroperasi”, ujar Polana.

Sebelumnya, telah dilaksanakan sejumlah pengujian untuk memastikan semua aspek terkait pada bangunan tower baru  airnav Banjarmasin ini layak untuk dioperasikan.

Selain oleh tim internal AirNav Indonesia, proses pengujian tersebut juga melibatkan tim dari eksternal Perusahaan, yakni Direktorat Bandar Udara (DBU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) Kemenhub RI sebagai regulator penerbangan di Indonesia.

AirNav Indonesia, lanjutnya, menginvestaskan total 36 miliar Rupiah untuk pembangunan Tower baru ini. Pengoperasiannya diharapkan memberikan semangat baru dalam memberikan pelayanan navigasi penerbangan yang terbaik demi meningkatkan kualitas konektivitas udara di wilayah Banjarmasin.

AirNav Indonesia berkomitmen untuk selalu mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan termasuk dalam hal sarana dan prasarana.

“Peresmian pengoperasian Tower baru AirNav Banjarmasin ini merupakan wujud pemerataan teknologi navigasi penerbangan di seluruh wilayah kerja AirNav Indonesia. Ini bentuk persembahan kami untuk Kalimantan Selatan,” pungkasnya. (*) [HeloBorneo.com]

Bagi artikel ini